Mengawali Pagi Bersama Bambu Rejeki

Setelah semalaman beraktifitas. Langit pagi masih nampak gelap. Matahari masih berusaha menembus awan tebal yang bergelayut diatas Pasar Kuta-Bali. Disertai dengan udara yang begitu dingin sampai menusuk ke pori-pori tubuh.

Berawal dari keinginan untuk membeli sebungkus nasi buat sarapan pagi. Diantara pedagang serta pengunjung pasar. Saling dorong bahkan saling senggol tidak bisa terelakan. Saat itu pula pandangan tertuju pada sebuah penjaja tanaman hias. Sejumlah jenis tanamam dipajang sambil dijajakan oleh sang penjualnya, mulai dari bambu rejeki, palm, hingga bunga yang ditata dalam sebuah pot kecil membentuk sebuah bonsai.
Bambu Rejeki ( dracaena sanderiana ) seharga Rp 20 ribu setelah melalui proses tawar menawar, akhirnya ikut dalam perjalaan pulang dari Kuta nenuju Sanur,  konon tanaman ini pembawa hoki. Di sisi lain, tanaman hias ini bila disandingkan atau ditempatkan di meja atau pojok ruangan akan tampak asri, indah dan menawan. Banyak orang menyukai tanaman tak berkayu ini karena bisa dibentuk dengan berbagai pola, dibentuk kepang misalnya.

Umumnya untuk pengias meja ruangan tamu, teras atau ruang kantor agar tampak asri, indah, menyejukan dan mempesona. Untuk merawat tanaman hias jenis Bambu Rejeki membutuhkan ketelatenan dan keuletan dari pemiliknya. Tapi ingat, jangan terlalu banyak air karena tanaman ini mudah busuk.
Ditinjau dari sisi fengshui (ilmu pengetahuan tentang keselarasan angin dan air), perpaduan antara beton atau bangunan dan pohon atau taman sangatlah dianjurkan. Secara klasik dapat digambarkan bahwa perpaduan itu berupa keseimbangan antara unsur yin dan yang hendaknya diperhatikan guna menjaga keselarasan hidup. “Menanam Bambu Rejeki dalam pot di ruang keluarga, membawa hal baik,” jelas Eka. (*eka/net)
This entry was posted in Hobbies. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s