Pelatihan Jurnalistik

Sebanyak 50 peserta mengikuti Pelatihan dan Penyegaran Jurnalistik yang diselenggarakan Koran Tokoh bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dwijendra, 1 hingga 3 Agustus lalu. Mereka datang dari berbagai kalangan masyarakat, pria dan wanita. Yang tertua berusia 61 tahun, yang termuda 16 tahun. Tanpa didahului pemukulan gong dan sambutan basa-basi, pelatihan dan penyegaran langsung memasuki acara pokok. Pemaparan materi berlangsung di tengah hujan pertanyaan dan derai tawa oleh ungkapan-ungkapan instruktur dan peserta yang segar dan spontan.

Pemaparan diawali materi Mengelola Media Massa Kini, Kode Etik Jurnalistik, dan Undang-Undang Pers, berlangsung hingga makan siang. Usai makan siang materi Teknik Menulis Berita. Pelatihan hari pertama diakhiri dengan pemaparan tentang keberadaan dan  aktivitas Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dwijendra.

Esok paginya penyajian materi Teknik Penulisan Feature (Berita Kisah) dilanjutkan materi Bahasa Jurnalistik. Setelah makan siang peserta menerima materi Teknik Wawancara dilanjutkan praktik meliput acara konperensi pers.

Dalam konperensi pers yang membahas topik “Bali Menuju Clean and Green” itu tampil empat pengamat lingkungan. Peserta berburu informasi lewat pertanyaan-pertanyaannya yang kreatif maupun yang agak kurang kreatif. Informasi tersebut harus mereka himpun dan kemudian ditulis dalam ragam Berita Langsung. Karya jurnalistik individual tersebut diserahkan kepada Panitia esok hari untuk dinilai para instruktur.

Hari ketiga (terakhir) pelatihan diisi tugas meliput kegiatan di Pasar Kereneng, pagi hingga siang, sebagai bahan penulisan karya jurnalistik ragam feature. Mereka terbagi dalam lima kelompok dengan topik masing-masing yang ditetapkan Panitia. Karya bersama kelompok tersebut dibaca di depan semua peserta dan instruktur. Tiap juru bicara kelompok akan membaca hasil karyanya, anggota kelompok lainnya siap membantainya sesuai dengan teori yang mereka peroleh dari instruktur menurut penangkapan dan dan kadar persepsinya masing-masing.

Dalam giliran berikutnya, instruktur tampil memberikan komentar. Instruktur memilih tiga karya jurnalistik individual dan karya kelompok yang terbaik. Pemenangnya diumumkan dalam acara penutupan yang dihadiri pengurus Yayasan Dwjendra Pusat dan undangan lainnya. 

* Sumber : Koran Mingguan Tokoh Edisi 8 – 14 Agustus 2010     

This entry was posted in Hobbies, Knowledge. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s