Ciptakan Tulisan dari Sebuah Ide Kecil

Setelah mempunyai blog lalu muncul kendala, bisakah nanti saya mengisi blog dengan tulisan tulisan terbaru dan selalu update ? Menemukan ide nge blog sangatlah mudah dan gampang begitulah kira kira kata orang. Sepenggal kalimat tersebut tidak terlepas dari apa yang selalu ada dalam pikiran saya sejak awal untuk menghasilkan karya tulisan di blog secara berkelanjutan. Ide – ide yang bisa dijadikan sebuah tulisan sebenarnya ada pada sekeliling kita yang tak begitu jauh.

Sebenarnya ide nge blog menurut saya sama halnya dengan menjadi seorang penyiar radio. Seperti yang pernah saya dapatkan dari training singkat menjadi seorang penyiar radio swasta sebelumnya. Sebuah stasiun radio keluarga yang memiliki segmen tips dan informasi. Mereka kerap kali memperoleh bahan siaran dari sebuah majalah atau tabloid yang disajikan dengan gaya bertutur. Kesan membaca teks sangat dihindari dalam penyampaian materi secara on air. Agar  nantinya si pendengar diajak dan merasa bertutur dalam komunikasi dua arah.

Contoh simple yang saya dapatkan waktu itu, dari sebuah benda kecil pensil bisa dijadikan bahan siaran. Berikut hasil petikannya yang masih saya ingat;

pendengar suara XX fm..? pensil, si kecil mungil sudah biasa menjadi sahabat setia bagi orang kantoran atau anak sekolahan. Nah apa jadinya jika si kecil ini tertinggal disaat kita sedang memerlukannnya. pasti panik dan kelimpungan bukan? disisi lain apabila sikecil ini tidak diperlukan, tak jarang nasibnya malah terabaikan lalu terbuang? pendengar suara XX fm? tahukah anda bahwa sebuah pensil termahal telah dipamerkan di Jakarta baru- baru ini. Graf von Faber-Castell, produsen pensil terkenal dunia, memperkenalkan pensil seharga Rp140 juta. Pensil Termahal di dunia ini memiliki tutup pensil terbuat dari emas putih solid dan dimahkotai oleh tiga buah berlian berukuran 0.06 karat,  wow luar biasa…bisa dibayangkan

Begitulah kira – kira ide kecil dari sebuah benda diolah menjadi insert siaran dalam sebuah radio. Hal – hal kecil disekitar kita jangan dibiarkan luput begitu saja. Kalau sudah terbiasa dan menguasai akan menjadi sumber inspirasi dijadikan bahan siaran. Kesemuanya tentu disajikan dengan penuh ekspresi serta mampu menguasai intonasi, artikulasi, dan berwawasan luas tentunya.

Lalu kaitan dalam memunculkan ide menulis tidak berbeda jauh dengan seorang penyiar radio tersebut. Apa saja yang ada di sekitar kita bisa dijadikan bahan tulisan dari berbagai sudut pandang yang berbeda.

By the way tulisan yang saya buat ini juga awalnya dari sebuah hal kecil. Awalnya hanya ketik dan ketik tanpa mengetahui seperti apa akan jadinya. Biarkan saja mengalir dengan sendirinya. Lalu pada akhir tulisan yang saya buat baru kembali baca ulang untuk mengetahui terjadinya kesalahan dalam menulis kata.  Saatnya memulai adalah langkah awal saya untuk menjadi biasa.

Selamat menulis…

This entry was posted in Hobbies and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Ciptakan Tulisan dari Sebuah Ide Kecil

  1. suyasa says:

    sukses buat anda saya warga Kutuh visit my web http://erabaru.net/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s