Jangan Sampai Kata Itu Menyesatkan !

Ketika sebelum berhadapan dengan halaman facebook yang menjadi suguhan mata setiap hari, selalu muncul dalam harapan agar menemukan sesuatu yang menarik dan bermanfaat. Namun, kenyataannya justru malah mandapatkan tulisan – tulisan yang jauh dari harapan. Seperti tentang keluhan, komplin pribadi, kata- kata gombal. Tak jarang dari mereka menggunakan bahasa versi anak muda ABG ( Anak Baru Gede ).

Dalam posisi seperti ini kerap kali saya sebagai pengguna setia facebook ingin segera kabur dan berusaha untuk lari dalam kenyataan. Tindakan seperti itu adalah mustahil saya lakukan, karena peran teman dalam facebook memiliki andil dalam bersosialisasi.

Media tersebut yang paling diharapkan adalah sesuatu yang informatif, inovatif, menghibur, dan sejajar pada tiap – tiap bidang yang ditekuni.

Untuk para User di kalangan ABG tak jarang kalimat -kalimat yang di Update memiliki gaya mereka. Kebanyakan kata ditemui disingkat – singkat dan cenderung keluar pada Ejaan Yang Disempurnakan ( EYD ). Khawatir akan hal ini tetap berkelanjutan menjadi bumerang atau virus bagi User lain, maka peran sebagai bagian dari mereka mempunyai ikut andil untuk membalikan kenyataan.

Dalam fenomena seperti ini baik buruknya seseorang delam media tersebut masih dalam batas kewajaran di media jejaring sosial.  Sejauh tidak menyalahi aturan atau mengarah pada perlawanan hukum masih bisa saya pertahankan sebagi teman di jejaring soisal ini. Keberadaan teman di facebook pengaruhnya begitu erat dalam besosialisi.

Solusinya, muncul sebuah dorongan agar para user ABG perlahan mengikuti aturan tulisan – tulisan yang sudah ditentukan. Mengarahkan dengan pelan – pelan melalui contoh yang baik pilihan satu – satunya. Tak jarang sudah ada beberapa yang berusaha mengikutinya, ini berdasarkan pengalaman yang terjadi. Mereka secara langsung akan merasa tergiring pada sebuah perubah kebijakan.

Bahasa Indonesia sebagai bagian dari warisan leluhur agar tetap di pertahankan keberadaannya agar jangan sampai memunculkan kebingungan baru bagi kalangan anak muda zaman sekarang.

Saya posisi sebagi seorang yang mempunyai kemampuan minim berbahasa tetap ingin selalu belajar dan mengasah kemampuan menulis dalam sebuah media Facebook atau Blog . Berharap kata yang telah ada agar jangan diganggu gugat, karena semuanya itu adalah sebagai patokan dasar saya dalam usaha merangkai kata untuk menciptakan karya yang berguna bagi banyak orang.

Biarlah tugas saya sekarang hanya untuk merangkai kata yang telah ada agar nantinya tumbuh karya yang berguna dan menarik.

This entry was posted in Opinion and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s