Seorang Blogger, Be Your Self and Keep Sharing…

Toshiba Satellite

Be Your Self, seorang blogger pada dasarnya menjadi ‘diri sendiri‘ memang harus selalu dipegang teguh agar tetap menjadi blogger sejati sepanjang masa. Keliru jika kita sering menganggap kalau tulisan sendiri itu bakal jelek. Parahnya lagi terlalu cenderung lebih sering membandingkan diri pada seorang penulis beken. Hemat saya, menulislah sesering mungkin pada situs pribadi anda ( blog ) entah apa itu bentuknya, sepanjang kontennya kearah positif. Jadikan kegiatan menulis seolah sudah menjadi kebutuhan yang pada akhirnya membuat jiwa kita segar atau ploong…That is my poin.

Saya lebih condong menganggap kalau menjadi seorang blogger itu hanya sebatas sebagai hobi, aktifitas saling berbagi ( sharing ) di jagad maya, tanpa terpaku pada tulisan bagus. Yang penting tulisan jelas dibaca dan mudah dimengerti, disisi lain sebagai seorang blogger anggap saja berbuat amal untuk Mbah Google dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang ‘Profesor Maya‘ ( Penemu dalam segala tulisan ).

Untuk selalu tetap bersemangat, senang dan enak menjalani dalam mengelola blog, entah itu yang isinya tentang cerita, hobi, kuliner, traveling, teknologi, dan lain-lain. Maka di bawah ini akan saya tambahkan materi yang telah lama tersimpan di dalam file document dalam laptop kesayangan ‘Toshiba Satellite’ yang telah setia menemani sejak tahun 2007. Semoga dengan adanya tambahan materi yang saya dapatkan dari sebuah sumber, bisa bermanfaat untuk diri sendiri. Setelah membaca materi tersebut, tugas selanjutnya tinggal menyesuaikan diri untuk isi blog yang sudah siap dikelola dengan style yang kita punya.

Tips penting untuk calon blogger :
1. Anda senang dengan yang namanya kegiatan menulis. Ini modal utama seorang blogger.
2. Apa yang ingin anda sampaikan. Bisa berupa curhat, opini, berita dan lain-lain.
3. Anda seorang yang mempunyai tipe self-starter. Artinya bisa memulai dari diri sendiri tanpa bantuan orang lain.
4. Mempunyai waktu dan disiplin. Seorang blogger pastinya harus memilik waktu untuk menulis/memposting ke blog. Disiplin karena kita minimal harus menulis entah sekali dalam seminggu, 2 minggu, sebulan atau tiap hari.
5. Cukup tahan banting. Mempunyai blog harus siap dengan ejekan, kritik dan pujian dari orang lain.
6. Mau terus belajar. Kita sadar bahwa manusia di dunia itu tidak ada yang memiliki ilmu paling lengkap oleh karena itu kita harus terus belajar dari siapapun dan dimanapun.
7. Suka membaca. Membaca tidak harus dari buku, tapi juga dari Koran, majalah, ataupun internet.
8. Anda jujur dan transparan dan beretika. Nah ini yang agak sulit tapi ungkapan kejujuran dan transparan biasanya bisa mendatangkan sesuatu yang bermanfaat buat diri kita sendiri dan orang lain. Tapi dengan kita punya etika maka kita akan menulis tentang hal positif tidak menyinggung SARA, menjelek-jelekan orang lain dan “nyepam”.
9. Suka berjaringan. Mau tidak mau seorang blogger itu harus memiliki jaringan ( Facebook, Twitter,etc ). Karena dengan kita banyak teman maka blog kita akan semakin ramai pengunjungnya dan peringkat Alexa dan Pagerank kita akan semakin baik.

This entry was posted in Hobbies, Knowledge, Story and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Seorang Blogger, Be Your Self and Keep Sharing…

  1. Menulis bagi saya adalah untuk mengasah kemampuan menyampaikan ide dan pemikiran dalam bentuk kata dan kalimat, agar terstruktur dan mudah dipahami oleh pikiran orang lain. Karena yang paling sulit dalam menulis itu adalah ‘mampu dipahami tanpa mengerutkan kening🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s