Video Pelecehan dan Kekerasan, Heboh di Bali

Image: Google

Bermacam – macam kecaman dan hujatan bermunculan di dunia maya. Ini lantaran beredarnya sebuah video yang diduga terjadi di pulau yang dikenal damai, orangnya ramah serta murah senyum. Ada yang mengatakan ” saya sangat setuju jika pelaku dari video itu diproses secara hukum..harusnya mereka belajar, bukan berkelahi menindas yg lemah ” tertulis pada kicauan di twitter.

Saya akhirnya dapat menyaksikan langsung video yang tengah heboh tersebut dari link di twitter ketika pulang dari tempat kerja sekitar pukul 00.25. Awalnya link tersebut sekilas tampil pada layar handphone cuman sebatas menampilkan karakter tulisan.

Siapa sangka ketika pertama kali berkunjung di sebuah link video tersebut sudah sekitar 3.000 pengunjung. Tidak lama berselang ketika tulisan ini diketik kunjungan meningkat drastis jadi 9.142 view. Komentar beragam juga tambah bermunculan.

Dalam video yang berdurasi 5 menit 37 detik, mereka terdiri sekitar tujuh remaja ABG ( Anak Baru Gede ) termasuk perempuan yang mengambil gambar. Usia mereka tergolong masih muda, sekitar 15 – 19 tahun. Mereka tengah berkumpul dalam sebuah tempat yang jauh dari pemukiman warga. Awalnya sekilas mereka seperti ngobrol santai layaknya antar teman akrab. Tiba – tiba tanpa sebab jelas, acungan jari telunjuk dan hardikan terlihat. Seorang perempuan kaos abu – abu  nampak duduk menghadap kesamping diatas motor, di belakangnya berlatar dinding tembok bangunan berhiaskan coretan jejak vandalism.

Si juru rekam sesekali berbicara sembari mengarahkan kameranya ke samping kiri. Ia menyapa teman lainnya yang juga dalam posisi duduk dari atas motor bertuliskan Honda pada bagian depan, ” Gek diyah..ha..ha..ha “, Sapanya. Lalu dibalas dengan respon membuang muka sambil menghalangi wajah menggunakan tangan, seelah mencoba menghindar dari bidikan kamera temannya.

Gelagat aksi amarah dalam  kelompok kecil jelas ditujukan terhadap temannya yang berdiri persis membelakangi kamera. Tidak jelas apa sesunguhnya pemicu dari kemarahan mereka sampai dilampiaskan kepada perempuan berkaos ungu berparas cantik ini. Bermacam – macam makian berlogat bali serta merta menghujamnya. Sesekali ia hanya membalas aksi temannya dengan kata memelas sebagai wujud pembelaan diri. Tidak nampak perlawanan fisik yang terlihat menonjol ditujukan  untuk kelompok perempuan tersebut. Ia jelas menjadi korban aniaya beragam cara , mulai menjambak rambut, memukul, mendorong bahkan salah satu temannya yang bertubuh tambun mengayunkan tendangan ke bagian bawah.

Tak cukup sampai disana, pakaian serta celana korban di gunting hingga nyaris telanjang. Nampak jelas bagian pakaian dalam yang ia gunakan saat itu. Pada adegan ini posisi kamera menghadap miring, sehingga gambar nampak setengah terbalik. Belum puas sampai disana, salah seorang dari mereka kembali berupaya melampiaskan kekesalan dengan memotong bagian helai rambut yang panjangnya lebih dari sebahu.
Masih mending rambut dari pada nyawamu“, cetus dari seorang teman. Tangisan serta permohonan ampun seakan tak terhirauakan. Kata – kata kasar terlontar satu persatu dari kelompok si penyerang. Akhirnya korban tersungkur tak berdaya ke tanah akibat terdorong oleh salah satu perempuan.

Di menit ke 4 detik ke 58 adegan terdegar sepi, sesaat setelah korban tersungkur , sekejap tak terdengar suara amarah. Korban sepertinya telah terdesak dan tak berdaya dalam posisi miring di tanah yang keras sambil menangis sesegukan, kalimat minta tolong pun perlahan keluar dari bibir manisnya, ” ibu tolooong bu…baju saya di robek buuu.. “. Sejurus kemudian kelompok penganiaya langsung naik motor melancarkan aksi kaki seribu. Hasil akhir gambar, kamera hanya menampilkan beberapa bagian sekeliling bangunan yang kian semakin menjauh meninggalkan korban seorang diri.

Bilamana peristiwa semacam ini benar adanya dan memang terjadi di Bali sungguh sangat disayangkan. Betapa buruk nilai moral yang dimiliki anak bangsa. Sering kali kita mendengar radikalisme tumbuh akibat merosotnya nilai-nilai ketuhanan pada diri manusia. Maka idealnya hubungan manusia dengan tuhan dan antar sesama semestinya selaras demi terwujudnya Ajeg Bali.

This entry was posted in Story and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Video Pelecehan dan Kekerasan, Heboh di Bali

  1. arther says:

    Perbuatan yg sangat luar biasa brutal, bagaimana ini bisa terjadi, saudara-saudaranya bahkan orang tuanya mungkin tidak akan pernah melakukan hal tersebut kepada korban dengan alasan apapun, perbuatan yang sangat tercela dan biadab, bagaimana mereka sebagai perempuan tidak malu menelanjangi sesama mereka tanpa ada rasa perikemanusian maupun rasa malu sekalipun, untuk itu mohon agar peristiwa agar dicermati oleh setiap orang tua, maupun muda mudi untuk lebih memberikan pendidikan agama dan pendidikan ahklak serta etika, dan bagi yang muda untuk segala sesuatu tidak harus dan jangan sampai cepat terpancing emosi dengan melakukan tindakan-tindakan yang terpuji yang melukai atau merugika orang lain, serta merugikan diri sendiri dan memalukan bagi keluarga, dan bagi keluarga korban agar sabar dalam menjalani setiap proses hukum yg berjalan, bagi korban agar tetap kuat dan tabah dalam menjalani peristiwa ini, dan ingat jangan sampai salah dalam memilih pergaulan kedepan, dan bagi para pelaku agar menjadi pelajaran yg berharga seumur hidup kalian, dan bagi pihak kepolisian tolong kasus ini diusut, dan diberikan hukuman yang setimpal timpalnya bagi para pelaku, terima kasih, dan ini menjadikan pelajaran bagi kita semua terhadap generasi muda kita kedepan.

    • Admin says:

      Setelah terungkap, semoga mereka sadar dan mendapat pencerahan. Selanjutnya tumbuh sikap positif yg dapat di tularkan kepada orang lain. Peristiwa serupa atau yg lebih parah agar tidak kembali hadir di muka generasi penerus, kasian anak – anak yg lucu memetik bibit – bibit yg busuk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s