Rangkaian Kata Si Kecil

Sudah banyak kata ataupun kalimat terucap hampir sempurna keluar dari mulut manis si kecil Adit. Kini, secara perlahan ia sudah menunjukan perkembangan dalam berkomunikasi. Lafal yang aneh kadang membuat kita sebagai orang tua bingung mengartikannya. Seperti kalimat “ bi yek ” yang artinya mobil truk.

Selain kata dan kalimat tak kalah geli melihat aksinya ketika ia memperagakan sesuatu yang tergambar dari raut wajahnya. Ambil contoh ketika ditanya bagaimana jika ia meminta ayah atau mamanya sambil menangis. “ Kenken Adit ngeling yen nagih bapak? ” artinya bagaimana Adit menangis ketika minta Bapak. Dijawabnya ( sambil meringis membentuk wajah nangis bersedih ) sembari berucap “ bapaaak…?!? ”. Begitu seterusnya jika ia ketika ditanya menangis minta seseorang yang dikenalnya, seperti kakek, nenek, dadek. Selain itu, ia juga sering menangis minta dudu yang artinya susu.

Disamping ucapan yang sering terdengar aneh membuat suasana ramai dan ceria ia juga sekarang sudah hampir bisa mengikuti perintah kedua orang tuanya. Seperti perintah yang dijalankan pertama kali sekitar dua bulan lalu, yaitu permohonan mengambil bantal dari dalam kamar untuk dibawakan ke ruang tamu. Begitu juga mengambil remote teve, mengambil air minum melalui keran galon, dan masih banyak lagi perintah yang berlalu nyaris terlupakan oleh kedua orang tuanya.

Sekarang, ia sudah memberi beberapa kebanggaan tersendiri tatkala perilaku baik ditunjukan. Misal, membuka celana ketika hendak pipis, sudah biasa ia lakukan sendiri. Kemudian terbangun dari tempat tidur tanpa menangis, sambil bergegas turun dari kasur lalu mengambil sikap duduk atau kembali tiduran di lantai. Hal ini kerap dilakukannya saat pagi hari sebelum menunggu teh gelas atau bubur dan jajan disajikan.

Berkomunikasi jarak jauh antara bapak dan Adit sesekali diberi kebebasan mamanya dalam menggunakan fasilitas handphone. Kendati belum bisa total, ia kadang bisa mengerti bagaimana cara memanggil dan menerima handphone. Ketika bunyi nada dering terdengar oleh Adit, secara spontan ia mengambil handphone dan berucap, “ mamak….bapak ” artinya mama, bapak telpon. Jeleknya, entah apa sebab ia kerapkali meludah ke handphone disaat komunikasi berlangsung.

Ketika mendengar suaranya dibalik telpon, ketika jarak memisahkan memang memberi kesegaran dan semangat untuk berjumpa dan berkumpul kembali.

Ketika mandi dikamar mandi, kini ia sudah mulai mengurangi kegemarannya berendam sambil main air di dalam bak mandi. Justru belakangan ia menunjukan kreatifitas dalam kegiatan mencuci pakaian kotor. Entah siapa yang mengajarkan atau sering melihat aktifitas mencuci pakaian dilantai rupanya hal tersebut dilakukannya ketika mandi. Cara mencuci pakaian yang ia lakukan seperti mengambil sikat, lalu memukulkannya ke pakaian kotor berulang – ulang, lantas pakaian tersebut ditaruh pada ember kosong. Hal ini pertama kali membuat saya selaku orang tua begitu kaget dengan kepintarannya yang semakin hari tambah muncul satu persatu.

Untuk berat badannya sekarang Adit semakin bertambah dan semakin lincah berlari kendati masih belum sempurna. Kadang kali ia sering terjatuh di tempat yang datar lantaran tersandung. Untuk susunan giginya sudah semakin tumbuh merata. Hanya nampak pada bagian gigi taring tumbuh belum total dan merata.

Untuk timbang badan, kadang kala rutin dilakukan tiap bulan di Banjar, Desa Gumbrih. Ia memiliki buku catatan khusus untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan.

Sejauh ini syukurnya Adit tidak sampai mengalami sakit yang berarti. Hanya ia kadang mengalami sakit pilek, panas, batuk yang berlangsung sekejap, cukup hanya memberi sirup atau tablet sebagai obat.

Berikut ini beberapa kalimat atau kata yang biasa terucap dalam bahasa bali ataupun indonesia. Baik dalam satu kata atau menjadi tiga suku kata. Kami selaku orang tua mencoba akan mengingatnya kembali secara acak. Semua kata atau kalimat tersebut sebagai jembatan komunikasi kami antara Adit, orang tua, kakek – nenek, orang terdekat, ataupun tetangga.

Aook ( :auk ) artinya tidak.

Teh yas ( :teh gelas ) artinya teh gelas.

Bapak yah bi ( :bapak ngelah mobil ) artinya bapak punya mobil.

Cacek yah bi ( :kakek ngelah mobil ) artinya kakek punya mobil.

Mamak yu cik bobok ( :mamak milu sik bobok ) artinya mama, ikut satu bobok.

Yuk budi budi kak aju ( :yuk, pung pung kir bukak baju ) artinya yuk pong pong kir ( mandi ) buka baju.

Bo das ( :sube kedas ) artinya sudah bersih.

Mamak iyuu cik( :mamak, milu sik ) artinya mamak, ikutt satu.

Edik yah ( :adit ngelah ) artinya adit punya.

Yeh de ( :yeh gede ) artinya air besar.

This entry was posted in Children and tagged , . Bookmark the permalink.

One Response to Rangkaian Kata Si Kecil

  1. Admin says:

    Reblogged this on Eka Juni Artawan and commented:

    asik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s