Nonton Syuting FTV di Jimbaran

Halaman parkir Benoa Square di Jimbaran malam itu tampak bercahaya dari cahaya sinar lampu. Nampak kerumunan orang yang ada di sekitarnya pada mengarah ke dua orang yang sedang melakukan dialog di hadapan kamera. Ketika itu saya sedang kebetulan melintas, lalu berhenti.

Saya mencoba mendekat pas pulang dari kerja. Ini bukanlah pertama kali saya menyaksikan langsung proses pengambilan gambar untuk tayangan sinetron di SCTV. Ditempat saya bekerja, Discovery Kartika Plaza Hotel malah paling sering dijadikan tempat syuting. Bahkan saya pernah jadi “artis” dadakan ketika syuting diadakan di dalam kamar President Suite. Saat itu ceritanya sebagai pramusaji makanan, yang menghidangkan makanan di atas meja untuk para pemain sinetron, entah apa yang diceritakan. Hanya saja saat itu saya sedang kebetulan membawakan hidangan ke mereka di dalam kamar. Lalu disuruh oleh awak kru untuk langsung menyajikan makanan tersebut, dan mereka pun mengambil gambar tangan saya dengan amat dekat.

Jadi maklum, ketika itu hasilnya jelas terlihat di televisi hanya pada bagian lengan saja. Yang bisa saya pahami betul ketika itu hanyalah sebuah sinetron yang diadakan oleh Studio X.

Sementara syuting yang saya sambangi pas pulang kerja kemaren merupakan pengganti dari Studio X. Sekarang telah berganti nama menjadi Screen Play, informasinya saya dapat dari seorang kru yang tengah bertugas malam itu. Karena malam, tanpa banyak kehadiran masyarakat yang menyaksikan proses syuting. Saya dengan leluasa mengambil foto serta berbincang dengan awak kru. Ini sangat mustahil saya lakukukan jika syuting kebetulan diadakan di tempat saya bekerja. Malam ini saya bebas berbincang dengan Sutradaranya, tata rias, juga dengan penata lampu ( Lighting ). Episode yang tengah digarap saat ini berjudul ” Bila Cinta Tak Punya Nama “.

Nyata terlihat ketika seorang anak laki -laki dan seorang pria dewasa melakukan perannya dengan setting sedang duduk diatas tembok, di halaman depan pagar Benoa Square, persis di pinggir jalan By Pass Jimbaran. Mereka itu adalah artis yang punya nama Marcel Darwen dan si kecil Alvin. Nama itu saya dapat dari salah seorang kru, saya tidak terlalu hafal betul dengan beberapa nama artis. Disudut lain nampak sibuk sang Sutradara yang tengah mengarahkan mereka agar peran yang dimainkan diambil sempurna. Berkali – kali bagian demi bagian diambil silih berganti dalam posisi pemain yang tetap sama.

Tak lama berselang posisi pengambilan gambar pun berpindah, masih tetap di sekitar halaman parkir Benoa Square. Semua awak kru nampak dengan sigap memindah peralatan syuting. Disela – sela itu saya sapa sang Sutradara yang tengah duduk diatas kursi yang bentuknya khas milik sutradara. Ia sesekali mengatur anak buahnya yang tengah melakukan persiapan. Pak Winalda, demikian nama sutradaranya, nama itu juga saya dapat dari seorang kru. ” ya, beginilah…saya hanya mengatur – atur ini ” demikian jawabnya dengan ramah dibarengi senyum ketika saya menyapanya pertama kali.

Dalam hitungan menit, peran berikutnya siap aksien. Digambarkan, kedua pemain yang sama tengah bercakap diatas papan peluncur skateboard latar belakang gedung Hero Swalayan, sembari menyantap sate ayam. Berdua nampak akrab dan ceria sambil melakukan dialog singkat. Dihadapan mereka hadir seorang penjual sate lengkap dengan gerobaknya. Pedagang tersebut tengah sibuk kipas – kipas membakar sate. Asap pun mengepul dan gambar diambil oleh juru kamera secara bergerak.

Tanpa sangka, ini rupanya bagian akhir untuk syuting khusus malam itu. Ketika waktu menunjuk setengah dua belas, semua peralatan serta awak kru kembali ke kendaraan masing masing. Kendaraan yang mereka bawa antaranya mobil box, mobil gandeng, Avanza, Combi, bertuliskan Screen Play plat B atau Jakarta. Semuanya menuju ke tempat mereka menginap di daerah Mumbul, Jimbaran. Rencana, esok hari syuting kembali dilanjutkan di dareah Pantai Pandawa atau Pantai Kutuh menurut salah seorang kru.

Menurut informasi, syuting yang sedang digarap pada episode kali ini akan bisa ditayangkan sekitar seminggu lagi di SCTV.

This entry was posted in Story and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Nonton Syuting FTV di Jimbaran

  1. jeg maan gen nepukin ne kene-kene hahaha
    kata jari berkembang nie..😀 gimana dgn ekajuniartawan.com?? gax terasa blog ini udah banyak postingan. rasanya baru kamrin kt duduk bareng mendiskusikan tentang domain blog hahaha
    salam blogger my browww

Leave a Reply

